AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA
POSITIF
OLEH : MARIYATRI, S.Pd.
CGP ANGKATAN 6 KOTA SAWAHLUNTO
PROV.SUMATERA BARAT
1.
Latar Belakang Kegiatan
Pendidikan adalah usaha menuntun siswa
agar dapat berkembang sesuai dengan kodratnya. Agar dapat tumbuh dan berkebang
dengan baik, siswa memerlukan lingkungan yang menumbuhkan motivasi
instrinsik dalam diri anak untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan
berbudi pekerti luhur serta akhlak mulia.
Hal ini dapat diciptakan melalui
pengembangan budaya positif di sekolah. Budaya positif disekolah adalah
nilai-nilai, keyakinan-keyakinan,dan kebiasaan-kebia-saan di sekolah yang
berpihak pada siswa.
2.
Tujuan Kegiatan
a.
Menumbuhkan budaya positif di lingkungan
kelas dan sekolah
b. Berbagi
pemahaman budaya positif kepada rekan sejawat.
3.
Tolak Ukur Kegiatan
a.
Siswa dapat menyusun keyakinan kelas
bersama.
b.
Siswa mampu menunjukkan sikap yang sesuai
dengan keyakinan kelas.
c.
Terlaksananya kegiatan berbagi dengan rekan
sejawat tentang Budaya Positif”.
4.
Linimasa Kegiatan
a. Mengajukan gagasan kepada kepala sekolah.
b. Menyusun keyakinan kelas bersama siswa.
c. Melaksanakan kegiatan berbagai pemahaman
Budaya Positif kepada rekan sejawat di sekolah.
d. Melakukan monitoring, langkah segitiga
restitusi serta refleksi terhadap pelaksanaan keyakinan kelas.
e. Memberikan keteladanan kepada siswa dalam
penerapan nilai-nilai yang diyakini bersama.
5.
Dukungan yang diperlukan
a. Dukungan dari kepala sekolah, rekan guru,
dan siswa dalam pengembangan budaya positif di sekolah
b. Dukungan dari orang tua dalam pembentukan
karakter siswa di rumah.
c. Sarana dan Prasarana yang dapat mendukung
pengembangan budaya positif di sekolah.
6.
Hasil Kegiatan
1. Penyusunan Keyakinan Kelas
0 komentar:
Posting Komentar